Menunggu adalah pekerjaan yang membosankan, sering mendengar kalimat itu? Ya, pasti sering dengar, tapi istilah itu ga berlaku buat trader dan investor. Mereka yang sukses di investasi itu orang-orang yang mau menunggu saat yang tepat untuk meraih keuntungan. Menunggu tidak sekedar menunggu yg buang-buang waktu tapi menunggu dengan seni tersendiri.

Ada 3 unsur penting dalam seni menunggu yang saya dapatkan dari hasil perenungan dalam menjalani bisnis dan investasi.

1. Cara

Dalam menjalani bisnis atau investasi, cara adalah segala-galanya. Mustahil orang bisa sukses dalam bisnis dan investasi jika tidak tau cara terbaik untuk mencapai hasil maksimal. Banyak orang yang memilih investasi langsung pada produk bisnis atau investasi tanpa telebih dahulu investasi pada ilmu. Unsur pertama ini sangat menentukan bagaimana unsur-unsur selanjutnya bisa berjalan dengan baik.

2. Fokus

Unsur kedua ini sangat diperlukan karena mengacu pada ketepatan waktu, ketepatan tempat, ketepatan sasaran dan ketepatan perilaku kita menuju sasaran bisnis atau investasi yang sudah kita tentukan sebelumnya. Pendek kata, berbagai hal yang berhubungan dengan ketajaman, mulai dari ide, menentukan metodologi yang akan digunakan sampai cara menyelesaikannya

3. Proses

Unsur ini mengacu pada perilaku (menuju sasaran), seperti kesabaran, ketekunan, keuletan, istikomah atau konsisten, berurutan atau keteraturan, metodologi, kepatuhan menjalani cara yang dipilih, dan fokus pada sasaran dengan piihan cara yang terbaik yang sudah dikuasi. Tidak ada bayi yang langsung bisa lari, tidak ada orang yang langsung bisa sukses, semua butuh proses untuk mencapai kesuksesan.

Seringkali penyebab kegagalan dalam bisnis atau investasi karena tidak tahu cara terbaik, sebagian orang mungkin sudah tau cara terbaik tapi dia tidak fokus pada bisnis atau saham apa yang dipilih, mereka latah saat ada peluang yang lain padahal yang sedang dijalani belum maksimal. Mungkin juga sebagian orang sudah tau cara terbaik dan bisa fokus namun tidak sabar dalam menjalani cara yang dipilihnya, akhirnya prustasi dan mediskon dirinya sendiri menggap dirinya tidak mampu. Sabarlah menunggu kesuksesan datang menghampiri dengan menjalani ketiga unsur tadi.