Berapa biaya yang sudah anda keluarkan untuk belajar paper asset ? Mungkin pertanyaan ini akan sulit dijawab karena tidak menghitung secara khusus. Tapi biasanya jumlahnya banyak sekali. Biaya paling mahal adalah ketika belajar langsung kepada pasar, karena setiap kerugian itu bisa dianggap ongkos belajar dan itu jumlahnya banyak sekali. Jauh lebih banyak ketimbang mengikuti seminar, training atau coaching. Bahkan yang sudah jelas-jelas ikut coaching pun masih juga rugi. Berani bayar berapa buat belajar paper asset? Kita bukanlah satu-satunya orang yang menyadari bahwa ilmu paper asset ini sangat mahal. Mungkin ada yang berani mengeluarkan uang berapa saja untuk 'membeli' ilmu paper asset ini. Maka ketika berbicara soal harga, sepertinya tidak ada batasnya.

Suatu hari, saya menerima sms yg isinya seperti ini : "Apakah paper asset itu bisa memberikan keuantungan yg pasti? tolong ajarkan saya, email langkah-langkahnya ke xxxxx@gmai.com

Lalu saya bales : Sebelum saya mengajarkan metodologi paper asset yang selama ini saya gunakan dan sudah terbukti berhasil, coba berikan SATU saja alasan, kenapa saya harus mengajarkan metodologi ini kepada anda?

Seorang Newbie mengira bahwa sebuah metodologi ilmu ini seperti barang loak yang mudah diperoleh di toko-toko barang bekas. Dia mengira setiap orang memiliki itu, padahal yang sebenarnya metodologi itu dibangun dengan penuh susah payah dan pengorbanan. Karena itu nilainya sangat mahal dan sulit diukur dengan uang. Bahkan banyak trader atau investor yang terang-terangan mengatakan tidak akan pernah menjual sistem tradingnya kepada orang lain. Ya tentu saja, buat apa menjual mesin pencetak uang kepada orang lain? Kecuali ada pertimbangan khusus, rata-rata trader profesional enggan memberitahukan, apalagi menjual, sistem tradingnya. Ketika kita bicara soal harga ilmu paper asset, persoalan utamanya bukan pada jumlah uang, tapi ada atau tidak yang mau mengajari sistem itu kepada kita. Uang bisa dicari, tapi kalau ilmu kemana mencarinya? Ada beberapa trader yang pamer bahwa ia telah menimba ilmu saham di luar negeri. Apa dikirainnya orang luar negeri itu sudah pasti lebih hebat dan sistemnya sudah pasti lebih baik? Pengalaman saya, belajarlah pada orang yg sudah terbukti berhasil yg ada di Indonesia, ilmu mereka tidak kalah hebat daripada orang luar negeri ;)