Bagaimana sebenernya cara membeli saham? Umumnya ada 3 cara yang bisa dilakukan untuk membeli saham, yaitu:

1. Membeli Saham di Pasar Perdana atau membeli saham perusahaan yang melakukan Penawaran Umum (go public) yaitu perusahaan yang mencatatkan sahamnya untuk pertama kali di Bursa Efek Indonesia. Untuk cara yang pertama ini, investor cukup mendatangi gerai penawaran umum, dan mengikuti prosedur yang ada untuk membeli saham. atau; Jika anda telah menjadi nasabah perusahaan efek penjamin emisi,anda dapat langsung memesan dan membeli saham IPO. atau; Anda dapat membuka rekening nasabah perusahaan efek penjamin emisi, sehingga anda dapat memesan dan membeli saham IPO tanpa harus datang ke gerai penawaran umum.

2. Membeli Saham di Pasar Sekunder atau membeli saham yang telah tercatat dan diperdagangkan di Bursa Efek. Untuk cara yang kedua, investor terlebih dahulu harus menjadi nasabah di salah satu broker saham atau Perusahaan Sekuritas yang menjadi anggota di Bursa Efek.

Daftar Saham Perusahaan Besar yang telah mencatatkan di bursa antara lain : Saham Bumi Serpong Damai, Unilever, Saham Astra International, Saham Indofood, saham bank BRI, Saham Perusahaan Gas Negara, Saham Jasa Marga, Saham Telkom, dll

3. Membeli saham melalui pembelian unit penyertaan Reksa Dana (lewat Reksa Dana khususnya Reksa Dana Saham)